Jumat, 22 April 2011

APLIKASI EXCEL

MEMISAHKAN JUMLAH PEMASUKAN DANPENGELUARAN DALAM
LAPORAN KEUANGAN

Jika Anda ingin membuat sebuah laporan keuangan bulanan untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran selama satu bulan, Anda tidak perlu bingung. Karena Anda dapat membuatnya dengan program pengolah angka yang sering disebut microsoft. Excel. Excel dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Laporan keuangan dapat Anda buat dalam satu kolom dan Anda tidak perlu bersusah payah untuk menyortir atau menjumlahkan secara manual, sebab excel akan melakukannya untuk Anda dengan menggunakan rumus (formula) yang dimiliki oleh ms.Excel.
Langkah awal, kamu harus membuat tabel yang berisi rincian keuangan seperti kategori, tanggal, serta pemasukan dan pengeluaran (dalam kolom A,B,C). untuk memisahkan antara pengeluaran dan pemasukan, berikan tanda minus dan kode tertentu untuk setiap pengeluaran. Untuk membuat kode tersebut, klik baris kolom C kemudian blok seluruh kolom C, kemudian klik "format-cell-number-custom". di kolom type ketikkan "#,##0.00;[red]-#,##0.00 seperti ini. Selanjutnya jika kamu mengetikkan angka yang diawali dengan tanda minus, maka pada sheet akan muncul dalam warna merah bertanda minus.
Untuk mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran kamu dapat menggunakan formula "=SUM(C2:C9)". sedangkan untuk mengetahui hanya jumlah pemasukan, ketik dengan menggunakan formula "=SUM(C2:C9+ABS(C2:C9))/2", dan tutupformula tersebut dengan menekan kombinasi tombol "ctrl+shift+enter". Jika kamu hanya menekan enter saja maka akan muncul "#VALUE" atau dalam istilah excel sering disebut dengan matrix. Ini disebabkan formula yang dipakai adalah formula khusus dan excel tidak bisa membaca (menerjemahkan) rumus tersebut jika tidak menekan tombol kombinasi di atas.
Perlu diketahui bahwa tombol kombinasi di atas dikhususkan untuk formula array, yaitu formula yang dapat memformulasikan beberapa perhitungan dan menampilkannya dalam satu hasil. formula ini bekerja dengan dua atau lebih nilai (value) yang berbeda atau yang disebut argumen array. setiap argumen array harus berada dalam satu kolom atau baris, dan harus menekan tombol kombinasinya di akhir formula. 
Ms. Excel menghitung pemasukan dari jumlah seluruh nilai positif ditambah dengan nilai absolut dan dibagi dua. Fungsi ABS adalah fungsi yang menetapkan nilai mutlak (sesungguhnya) dan bila ada suatu nilai negatif, maka akan diubah menjadi nilai positif. Example, ((-123)+(+123)=0, nilai negatif dijadikan nilai positif oleh ABS. Dengan mengacu formula tersebut maka, pemasukan adalah semua nilai positif dijumlahkan dan kemudian dibagi dengan dua.
Jika pemasukan (pendapatan) sudah terselesaikan, sekarang kita ke jumlah pengeluaran. Kamu cukup membalikkan formula yang sudah dibuat untuk menghitung pemasukan. Rumusnya adalah "=SUM(C2:C9-ABS(C2:C9))/2" dan jangan lupa tekan tombol "ctrl+shift+enter" untuk mengakhiri formula. Jika pengeluaran ingin ditampilkan dalam nilai positif, dapat diganti dengan formula dengan mengacu ke nilai absolute di atas seperti berikut "=ABS(SUM(C2:C9-ABS(C2:C9))/2" dan hasilnya seperti yang tertera pada gambar berikut:
 Nah mudah kan caranya..................?!?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar